Inilah 3 Kuliner Warisan Aceh

Kuah beulangöng, atau sering disebut juga dengan gulèe sie kamèng (bahasa Indonesia: gulai kambing), adalah masakan Aceh sejenis gulai yang berbahan baku utama daging kambing dan nangka muda yang dimasak dalam belanga, bisa juga disertai dengan potongan pisang kepok, dan ditambah cabai kering, kelapa gongseng, ketumbar wangi, dan bumbu lainnya. Bahan utamanya adalah daging sapi atau kambing yang dipotong kecil-kecil, kemudian nangka muda dipotong sesuai selera. Bumbunya lumayan banyak: kelapa gongseng, kelapa giling, cabai merah, cabai kering, cabai rawit, bawang putih, jahe, kunyit, ketumbar gongseng, kemiri, dll. Semuanya digiling.



Hasil gambar untuk bumbu gulai ayam aceh
Gulai Ayam Atau Gulai sie Manok khas dari Aceh Besar. Gulai ini berbahan dasar potongan Ayam kampung yang di panggang atau Ayam lainnya yang di panggang juga, diolah sedemikian rupa sehingga empuk dengan racikan bumbu khas aceh yang rumit dan komplit sehingga menghasilkan cita rasa mengunggah selera. Gulai ayam yang terkenal di kalangan masyarakat aceh adalah gulai ayam buatan daerah Aceh Besar karena bumbunya yang sangat kental.





Bumbu Cirasa Gulai Bebek Aceh
Gulee Itek adalah gulai bebek khas dari Aceh. Gulai ini berbahan dasar bebek kampung yang diolah sedemikian rupa sehingga empuk dengan racikan bumbu khas aceh yang begitu banyak dan komplit sehingga menghasilkan cita rasa yang berbeda. Gulai bebek yang terkenal di kalangan masyarakat aceh adalah gulai bebek buatan daerah Bireun karena bumbunya yang sangat kental dihasilkan dari perasan santan kental.

0 komentar: