SBY PUJI MASAKAN KHAS ACEH

sby
Presiden Republik Indonesia (RI) Susilo Bambang Yudhoyono, memuji masakan khas Aceh, seperti ikan keumamah, daging ayam kampung goreng dan pepes Aceh. Hal itu disampaikan SBY saat makan siang dan malam di rumah Iqbal
Hasan Saleh, selaku Presiden Direktur PT Arun LNG di Batuphat, Kota Lhokseumawe, kemarin (9/7).Saat makan siang dan makan malam itu, SBY yang ditemani ibu Ani Yudhoyono, Menkopolhukam Djoko Suyanto, Menko Kesra Agung Laksono, Kapolri Jenderal Pol Timur Pradopo, Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono, Kepala BIN Marciano Norman,Gubernur Aceh Zaini Abdullah dan lainnya.
“Pak SBY bilang sangat menyukai ikan keumamah dan pepes yang merupakan ciri khas makanan,”terang Abubakar seorang pelayan di Rumah Presiden Direktur PT Arun LNG di Batuphat, Kota Lhokseumawe, saat dikonfirmasi Rakyat Aceh, kemarin.Kata dia, ikan keumamah merupakan masakan khas Aceh yang dibuat dari bahan baku ikan. Sementara ikan yang digunakan adalah ikan tongkol sudah dikeringkan dengan cara menjemur diterik matahari. Kemudian, ikan itu direbus dan disalai setelah itu ikan kering ini diiris tipis - tipis dan dimasak dengan kentang dalam kuah kari yang kental.
Sebutnya, Presiden SBY juga bilang masakan orang Aceh enak-enak semua dan cocok dengan mulutnya. Selain itu, menu makanan yang disajikan juga seperti pepas yang terbuat dari ikan gembung dan daging ayam kampung goreng.
“Saat itu Pak SBY juga sempat menanyakan siapa yang memasak makanan khas Aceh ini, saya bilang orang ibu-ibu dharma wanita PT Arun LNG,”jelasnya, seraya menambahkan, Presiden SBY juga menyampaikan kepada para menteri dan tamu lainnya tentang makanan khas Aceh ini, kalau ada yang bilang tidak enak berarti tidak jujur.
Sementara kedatangan SBY bersama ibu dan rombangan itu ke PT Arun LNG usai mengunjungi korban gempa Bener Meriah dan Aceh Tengah, pada Selasa pagi. Presiden bersama ibu dan rombongan lainnya, kembali dari lokasi gempa dan langsung turun helikopter di Komplek PT Arun LNG.
Kemudian, bermalam di Rumah Presiden Direktur PT Arun LNG di Batuphat, Kota Lhokseumawe. Bukan hanya itu, Presiden SBY bersama ibu dan rombongan ikut melaksanakan shalat tarawih di Masjid Istiqamah PT Arun, sekira pukul 19.59 Wib. Saat itu, SBY memakai baju koko berwarna oranye, celana panjang hitam dan peci warna hitam.Informasi yang diterima Rakyat Aceh, di lokasi SBY sholat isya dan tarawih juga dilakukan pengamanan ketat oleh Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) dan Polisi Militer.
Setiap warga dan barang bawaan atau tas yang menuju pintu masuk masjid tidak luput dari pemeriksaan petugas.Tadi pagi Presiden SBY bersama ibu dan rombongan sudah kembali ke Jakarta melalui Bandara Malikussaleh Aceh Utara.

0 komentar: