Ternyata, cabai juga menyehatkan untuk tubuh


Ilustrasi cabai. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/JIANG HONGYAN


CABAI adalah salah satu bumbu dapur yang banyak digunakan sebagai bahan makanan. Cita rasa pedas yang dihasilkan dari cabai membuatnya memiliki banyak penggemar. Namun seperti dilansir dari healthmeup.com, cabai ternyata dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Salah seorang nutrisionis dari India yang bernama Neelanjana Singh menjelaskan bahwa manfaat kesehatan ini berasal dari zat cabai bernama capcaisin yang membuat cabai berasa pedas. Capcaisin berguna sebagai zat yang merangsang pelepasan hormon endorfin, hormon penghilang rasa sakit. Selain itu zat capcaisin juga berguna sebagai zat 'pembersih' sisa makanan di dalam lambung sehingga lambung pun bebas dari sisa makanan yang dapat menimbulkan masalah pencernaan.

Lanjutnya lagi, selain berguna bagi kesehatan pencernaan, cabai dapat menjadi zat antibiotik untuk tubuh karena vitamin C yang dikandungnya.

Si kecil ini ternyata tidak hanya bermanfaat untuk melezatkan masakan namun juga bermanfaat bagi kesehatan. Oleh karena itu jangan ragu untuk membubuhkan cabai ke dalam makanan Anda. Namun ingat, batasi jumlahnya agar tidak membuat perut Anda mulas. | sumber: merdeka.com

0 komentar: