Timun suri, sajian spesial berbuka puasa di Aceh

Rasa daging timun suri agak tawar dan berpasir, teksturnya empuk dan mudah hancur, ketika ditambah gula dan es batu....ssllruuuppp....

Sajian timun suri @ceritamu.com
BAGI masyarakat Aceh berpuasa adalah momen istimewa yang disambut dengan penuh suka cita. Selama sebulan penuh selama Ramadan akan terlihat suasana yang sangat berbeda dengan hari-hari biasanya.
Saat berbuka puasa misalnya akan dihidangkan menu-menu istimewa yang jarang ditemui di hari lainnya. Katakanlah seperti air timun kerok yang seolah menjadi menu wajib untuk berbuka puasa. Rasanya yang segar ditambah gula atau sirup dan es batu, racikan minuman ini memang sangat ampuh menghilangkan dahaga setelah berpuasa seharian.
Tapi, selain es timun kerok, ada minuman lainnya yang tak kalah istimewa bagi masyarakat Aceh yaitu ie boh timon wah atau timun suri. Cara menyajikan olahan timun suri ini sangat sederhana, hanya dengan menambah gula pasir atau sirup ke dalam daging buah yang sudah dibuang biji dan kulitnya. Jika suka dingin tinggal ditambah es batu saja.
Rasa daging timun suri agak tawar dan berpasir, teksturnya empuk dan mudah hancur. Karena itu timun ini dibungkus dengan pelepah pisang saat dijual di pasar. Biasanya ada juga yang mencampur timun suri dengan santan, ditambah dengan sedikit garam rasanya pun menjadi semakin gurih dan lezat. Timun suri ini hanya ditemui saat bulan puasa saja lho...

0 komentar: