Tips memilih ikan segar



Ikan segar @ilustrasi
UNTUK menghindari berbagai kemungkinan yang tak diinginkan, pilihlah ikan laut yang benar-benar segar. Artinya, ikan itu ditangkap nelayan dalam keadaan hidup. Begitu saran dari Dr Ani Andayani, Kasubdit Jaringan dan Distribusi Nasional Departeman Kelautan dan Perikanan. ''Ikan yang sudah sudah mati duluan atau yang sakit karena sebab-sebab tertentu janganlah dipilih. Tidak ada alat atau bahan kimia tertentu yang bisa membuat ikan sakit menjadi sehat dan layak dimakan,'' ujarnya.
Karena itu, dalam memilih ikan sebaiknya diperhatikan terlebih dahulu secara seksama. Jangan lekas tergoda oleh harga murah, sehingga lupa memperhatikan bentuk fisik dari ikan itu sendiri. ''Biasanya ikan-ikan yang sakit itu murah harganya,'' kata Ani.
Lalu, seperti apa ciri-ciri ikan yang sehat dan layak dikonsumsi? Ani memberi beberapa acuan, yaitu:

* Amati bentuk fisiknya. Pilih ikan yang tidak cacat, dan tidak punya bekas luka akibat goresan pancing atau benda keras apapun.

* Perhatikan matanya, terlihat bersinar atau sudah layu. Ikan yang sakit, matanya tampak pucat seperti mau menangis. Sebaliknya, bola mata pada ikan yang sehat terlihat jernih dan bersih.

* Jangan lupa, tekan tubuhnya dengan kedua jari tangan kita. Bila dagingnya kenyal dan segera melenting kembali bila ditekan, tandanya ikan itu sehat.

* Perhatikan insangnya. Jika insangnya berwarna merah pucat, pertanda ikan tidak sehat. Insang pada ikan yang bagus, berwarna merah segar.

* Cium juga aroma ikan itu. Ikan yang sehat, aromanya terkesan segar dan bersih. Sebaliknya, ikan yang tidak sehat, berbau amis, asam, bahkan busuk. | sumber : republika

0 komentar: