Maulid di Dayah Thalibul Huda Dihadiri Ribuan Tamu

Foto

Kota Jantho-KemenagNews (12/3/2013) Dayah Thalibul Huda menyelenggarakan acara kenduri Maulid Nabi Muhammad Saw di komplek Dayah tersebut, Desa Bayu-Lamcot Kecamatan Darul Imarah Aceh Besar (9/3).
Acara tersebut dihadiri oleh lima ribuan tamu. Para tamu dihidangkan kuah beulangong, warung pojok yang menyediakan lebih dari 10 snack makanan dan minuman seperti martabak, cendol, rujak, bakso, es campur dan sebagainya.
Selain dihadiri oleh para ulama kharismatik seperti Abu Adnan Pulo Aceh, acara yang nampak sangat semarak ini juga dihadiri oleh para Ulama muda Aceh seperti Tgk H.Faisal Ali, H. Tu Bulqaini Tanjungan, kepala Badan Dayah, Ir Rusmiadi dan rombongan, Kepala Kanwil Kementrian Agama Provinsi Aceh serta para aktivis seperti Teuku Kamaruzzaman, Juanda Djamal, Akmal Abzal, pimpinan Ormas Islam seperti Tgk Muslim Attahiry dan sebagainya.
Selain itu, acara tersebut dihadiri oleh Bupati Aceh Besar, Mukhlis Basyah yang akrab disapa Aduen Mukhlis dan wakilnya Syamsul Rijal, perwakilan Dinas Sosial Aceh dan sebagainya.
Selain itu, acara tersebut juga dihadiri oleh para tamu dari berbagai dayah yang ada di Aceh Besar, Banda Aceh dan sebagainya.
Menurut Tgk Rusli Daud,S.HI, Wakil Pimpinan Dayah, sebelum menyelenggarakan acara kanduri Maulid ini, dayah Thalibul Huda juga telah menyelenggarakan serangkaian acara lainnya seperti Lomba untuk para santri seperti lomba pidato, munadharah, cerdas cermat serta lomba untuk anggota majlis ta’lim, ibu-ibu dan bapak seperti lomba Tilawatil Qur’an, lomba baca ayat-ayat sembahyang dan do’a dan sebagainya.
Selain itu, pada malam minggu (9/3), juga akan dilanjutkan dengan ceramah Agama yang akan disampaikan oleh Tgk. Shalihin Abdullah dari Ulee Glee.
“Semua acara ini kami maksudkan agar bisa memperkuat ukhuwah Islamiah di antara umat Islam,” tegas Tgk Rusli.
Pimpinan Dayah Thalibul Huda yang juga anggota MPU Aceh, Tgk Hasbi Albayuni mengatakan bahwa penyelenggaraan kenduri maulid ini dimaksudkan sebagai upaya untuk menghadirkan rasa cinta umat Islam kepada Nabi Muhammad Saw yang saat ini dirasa mulai sangat luntur.
“Dengan perayaan maulid Nabi ini, kita berharap segala kebaikan yang dibawa oleh Nabi Muhammad Saw agar dikenang kembali, dipelajari, dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai seorang suami dan ayah, Nabi Muhammad adalah seorang kepala rumah tangga yang ideal yang bisa mewujudkan keluarga sakinah, sebagai panglima perang, belia senantiasa berada di depan dalam medan perang, sebagai seorang Rasul, beliau seantiasa memberikan suri tauladan yang mulia bagi umatnya,” ujar Tgk Hasbi yang juga menjabat sebagai ketua Rabithah Thaliban Aceh ini.
“Sebagai umat Islam, kita harus mencontohi pribadi paripurna tersebut,” pungkasnya menunjukkan pada sosok Nabi Muhammad SAW.


0 komentar: